Multimedia – Berbagai Jenis serta Sejarah dan Perkembangannya

            Pengertian multimedia menurut istilah adalah penggunaan sarana (media) yang menyajikan kombinasi (gabungan) berbagai elemen informasi, seperti animasi, video, teks, suara, graphics, maupun gambar yang bersifat interaktif yang bertujuan menyampaikan informasi, atau sekedar memberikan hiburan kepada si peneriman.

Selain bertujuan mempermudah pekerjaan manusia, penemuan-penemuan di bidang teknologi informasi juga bertujaun membantu memenuhi kebutuhan manusia yang semakin komplek. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi di dunia teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama kebutuhan informasi dan hiburan (intertainment). Dan salah satu penemuan yang paling dikenal adalah munculnya istilah multimedia. Maka kemudian banyak diciptakannya alat-alat yang mendukung konsep multimedia ini.


Sejarah Multimedia

            Istilah multimedia berawal dari theater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media seringkali disebut pertunjukan multimedia. Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized band dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2.

Sejak permulaan tersebut, hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan system multimedia di pasaran. Citra visual dapat dimasukkan ke dalam system dari paket perangkat lunak yang menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan scanner optic. Input audio dapat dimasukkan melalui microfon, pita kaset dan compact disk.

Lewat tahun 70-an pengguna micro komputer telah dapat mambantu menjelaskan masalah-masalah dan mempercepat penyelesaian pekerjaan sehari-hari. Penggunaan komputer juga dapat menyebarkan informasi dan juga dapat menyajikan hiburan kepada pengguna komputer dan komputer saat ini bukan menjadi barang yang baru ataupun mewah tetapi menjadi suatu kebutuhan.


Perkembangan Multimedia

            Pada saat ini, komputer multimedia telah menjadi suatu kebutuhan, bagi kalangan bisnis ataupun kelompok masyarakat lainnya. Pada saat ini,  informasi tidak cukup hanya melalui teks dan grafik saja. Sekarang informasi mencakup kelengkapan teks, grafik, animasi, gambar dan audio/video. Audio/video, gambar, teks, grafik serta animasi telah diaplikasikan dalam berbagai bidang, misalnya untuk bidang pendidikan digunakan sebagai alat tutorial yang canggih. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.

Pada masa sekarang ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan dengan komputer. Setiap waktu orang dapat melihat perkembangan teknologi dari hari ke hari dan teknologi tersebut dapat digunakan sebagai alat bantu manusia untuk menyelesaikan beberapa aktifitas. Hampir semua kalangan dapat menggunakan komputer baik dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Dan komputer pada saat ini juga berguna sebagai alat multimedia

Pada tahun 1998, dunia berada empat tahun menuju ke 20 tahun pengembangan internet sebagai suatu alat komunikasi global dan berada di mana-mana. Microsoft telah mencanangkan ambisinya untuk melihat keberadaan internet di setiap rumah tangga. Sementara IP secara de facto telah tumbuh sebagai standar dalam perusahaan-perusahaan besar teknologi informatika. Internet dan berbagai jasa yang berkaitan dengannya adalah perlengkapan yang mengubah secara mendasar struktur dan jasa satelit komunikasi. Terdapat empat kunci pengembangan dalam internet yang mempengaruhi industri satelit komunikasi.

Pertama, kebutuhan kapasitas besar untuk pendukung utama (backbone) internet dan penghubung ISP. Kedua, permintaan akses kecepatan tinggi ke internet oleh pengguna-akhir. Ketiga, pengembangan video-on-demand dalam lingkungan internet. Keempat, permintaan untuk akses secara universal dan ke seluruh dunia.

Saat ini industri satelit sedang berusaha mengenali pasarnya dalam lingkungan internet. Industri satelit tersebut mempunyai banyak rencana untuk multimedia dengan pita lebar (broadband). Internet saat ini merupakan penggerak utama di belakang proyek-proyek tersebut. Sedikitnya terdapat 111 rencana untuk multimedia sistem satelit yang meliputi 528 satelit geostasioner, 874 satelit orbit bumi rendah dan satelit orbit bumi menengah. Rencana-rencana tersebut datang dari 69 perusahaan operator satelit yang telah ada ataupun yang baru muncul. 
Sebagian besar proyek satelit multimedia tidak mengumumkan biaya kapital yang diperkirakan dari proyek mereka. Meskipun demikian, di antara mereka yang mengumumkan, ada yang memerlukan pengeluaran kapital sedikitnya 99.5 trilyun dolar AS. Sementara proyek-proyek satelit multimedia seperti itu sangat menarik perhatian dunia industri dan publikasi, para operator satelit sibuk mendayagunakan secara maksimal kapasitas satelit yang telah ada pada mereka untuk mendukung internet.

PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN

  • Pada waktu komputer belum terlalu dikenal di indonesia, guru dalam menyampaikan pelajaran dengan tulisan atau lisan.
  • Sekarang penyampaian bahan pengajaran lebih interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik, bahkan pengajaran secara online (E-learning)


PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS

  • Sejumlah perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam bentuk simulasi.


PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG ENTERTAINMENT

  • Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik
  • Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment dan animasi dan laser show yang terintegrasi pada konser music
  • Video / Music Player


PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG KESEHATAN

  • Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll.


PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG POLITIK

  • Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya. Seperti penggunaan Social Media untuk menyampaikan aksi kampanye nya


PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG INDUSTRI

1.    Industri Komputer

   Industri pada komputer tidak lagi disajikan melalui teks dan gambar, tetapi juga melalui sumber-sumber yang diperolehi dari media lain seperti audio dan video.

2.    Industri Telekomunikasi

   Informasi multimedia juga di proses melalui perangkat komputer dan dikomunikasikan dengan wireless atau satelit. Oleh karena informasi multimedia bersekala besar secara terus menerus sistem komunikasi data yang sesuai sangat diperlukan. Hal ini mengakibatkan perubahan terhadap sistem telekomunikasi yang ada.
Perangkat komunikasi dahulunya hanya menggunakan telephone yang membawa sedikit data dan lambat yaitu kurang 28 KB, kini telah berubah kepada wireless yang membolehan lebih banyak data seperti 2 MB, 10 MB dan 622 MB.

3.    Industri Penyiaran (Broadcasting)

   Pengaruh kepada industri penyiaran pada mulanya peralatan profesional bagi audio dan video terdapat di studio rekaman dan pada bagian penyiaran televisi. Perubahannya pada peralatan tersebut yaitu dimana sistem-sistem yang lebih profesional telah digunakan pengeditan movies secara digital informasi disiarkan melalui kaidah penyiaran yang tersedia seperti kabel, satelit dan antena.


Jenis - Jenis Multimedia Pembelajaran

1.    Multimedia Interaktif

Penguna /user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia atau dikirimkan atau di tampilkan  atau dikirimkan. Contoh Game, CD interaktif, aplikasi program, virtual reality, dll.

2.    Multimedia Hiperaktif

Multimedia jenis ini memiliki struktur dengan elemen - elemen terkait yang dapat di arahkan oleh penguna melalui tautan (link) dengan elemen - elemen multimedia yang ada istilah richmedia juga di pakai untuk menyebut, Multimedia Hiperaktif. Contoh Word Wide Web (WWW), Website, Mobile banking, Game online dll.

3.    Multimedia Linear/Sequential

Multimedia Linear adalah jenis multimedia yang berjalan lurus multimedia seperti ini bisa dilihat pada semua jenis film, Tutorial video, dll. Sedangkan multimedia interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya pada interaksi antara media dengan penguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya multimedia berlangsung tanpa kontrol navigasi dari penguna, Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekussial dari awal samapai akhir. Contoh: movie/film, e-book, musik, siaran TV.

4.    Multimedia Presentasi Pembelajaran

Multimedia presentasi pembelajaran adalah, alat bantu guru proses pembelajaran dikelas dan tidak mengantikan guru secara keseluruhan. Contohnya, Microsoft Powerpoint

5.    Multimedia Pembelajaran Mandiri

Multimedia pembelajaran mandiri adalah, software yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaraan mandiri harus dapat memadukan explicit, knowledge, dan tacit knowledge yang mengandung fitur asemen untuk latihan ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah, Contohnya, Macromedia Authorware atau Adobe Flash.

6.    Multimedia kits

Multimedia kits adalah kumpulan pengajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal yang termasuk di antara nya yaitu CD ROOM, KASET  AUDIO, GAMBAR, STUDY  CETAK, TRANSPARANSI  OVERHEAD

7.    Hypermedia

Dokumen berikut non terdiri dari teks,audio,informasi visual disimpan dalam komputer Contohnya: adalah dalam pembelajaran mengunakan link pada sebuah web.

8.    Media Interaktif

Sistem ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual, suara dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak hanya melihat dan mendengar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif.

Keunggulan : beberapa teks, audio, gif, gambar, dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan segala sistem yang mudah di gunakan.

9.    Virtual Realitas

Virtual realitas adalah media yang dapat disulasikan tempat di dunia nyata. Keunggulan : untuk digunakan digambarkan berbagai jenis aplikasi umumnya terkait dengan mendalam, sangat visual, 3D lingkungan.



Jenis - Jenis Aplikasi Multimedia

1. Media Player

        Media player adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengolah informasi dalam bentuk audio atau video.

Umumnya beberapa aplikasi media player sudah dapat memutar informasi baik itu audio ataupun vidio. Berikut ini beberapa software media player, antara lain:


  1. Windows Media Player: merupakan Software yang diproduksi oleh Microsot, biasanya sudah satu paket dalam Microsoft Windows.
  2. Winamp : merupakan software yang bersifat freeware atau komersil, aplikasi ini diproduksi oleh Nullsoft. Inc.
  3. Power DVD : merupakan software yang yang diproduksi oleh Cyberlink.
  4. DivX Player : merupakan jenis software yang bersifat freeware, aplikasi ini diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
  5. XMMS : merupakan software audio yang sifatnya open source, aplikasi ini berada di bawah naungan lisensi GNU (General Public Lisensi)


2. Editor Gambar

        Image Editor merupakan perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk menggambar atau mengedit image / foto. Software-software untuk editor image saat ini sudah banyak yang bermunculan mulai dari yang memiliki fungsi editing sederhana hingga fitur yang kompleks.

Ada dua jenis image yang dihasilkan oleh sebuah image editor, yakni bitmap image dan juga vector image. Berikut ini beberapa contoh software image editor antara lain :

  1. Adobe Photoshop.
  2. CorelDraw.
  3. GIMP.


3. Audio / Video Editor

        Jenis aplikasi atau software yang satu ini dapat digunakan untuk mengedit atau membuat media dalam bentuk video dan audio. Biasanya proses pengeditan video atau audio berupa konversi format, manipulasi kualitas, dan masih banyak lainnya. Berikut ini beberapa software untuk editing video dan audio saat ini, antara lain :

  1. Adobe Premiere Pro.
  2. Windows Movier Maker.
  3. Sony Vegas Pro


4. Grafik / Penampil Gambar

        Perangkat lunak Graphic digunakan untuk melihat (view) gambar secara terorganisasi dalam sebuah direktori. Sekarang juga sudah banyak format image yang sudah di support oleh aplikasi image viewer, misalnya bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain. Berikut beberapa aplikasi image viewer yang dapat anda gunakan, diantaranya.


  1. ACDSee.
  2. XNView.
  3. Irfan View.
  4. Microsoft Picture Manager.
  5. Microsoft Picture and Fax Viewer.


5. Animasi

        Jenis software seperti animasi ini memang dikhususkan untuk membuat atau mengedit dalam bentuk animasi. Berikut ini beberapa contoh software khusus tentang animasi, antara lain yaitu :

  1. Macromedia Flash.
  2. Perangkat Lunak Animasi Houdini.
  3. Power Animator, Dan lain-lainnya.


6. Grafik 3D

        Aplikasi Multimedia (Grafik 3D) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D. 3 Dimensi adalah representasi gambar dengan bentuk geometri 3 dimensi.

Sebagai contoh untuk perangkat lunak grafik 3D yang dapat Anda gunakan di komputer adalah:

  1. Arsitektur Reit.
  2. Autodesk Maya
  3. Blender
  4. Max Autodesk 3Ds
  5. Bioskop 4D
  6. 3D Lightwave




Posting Komentar

0 Komentar