Jenis - Jenis Jaringan Komputer


            Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Istilah tersebut juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan antar komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
            Jaringan pada komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan untuk komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperoleh suatu data yang relevan.

1. Jenis Jenis Jaringan Komputer


A. PAN ( Personal Area Network)



            Personal Area Network atau biasa disebut dengan jaringan PAN pada istilah jaringan komputer adalah jaringan komputer yng digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan perangkat-perangkat lain seperti handphone, speaker, komputer dan perangkat lain. Jangkauan jaringan komputer ini relatif sangat dekat sehingga tidak bisa menjangkau jarak yang jauh. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink). Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. Dan dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire. 
            Jaringan PAN digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi seperti (handphone, headset, smartphone, laptop dan lain-lain) sehingga bisa terbentuk komunikasi. Contoh yang biasa diterapkan jaringan PAN adalah jaringan ad hoc untuk komunikasi laptop dengan laptop, komunikasi laptop dengan handphone menggunakan bluetooth, dan lain-lain.

- Karakteristik Jaringan PAN

            Adapun karakteristik jaringan PAN (Personal Area Network) adalah sebagai berikut :

  • Kontrol dilakukan dengan authoritas pribadi.
  • Data yang ditransmisikan bersifat khas dan personal karena digunakan hanya untuk kepentingan pribadi.
  • Merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti telpon, ponsel, komputer, laptop, televisi, sistem keamanan rumah berbasis komunikasi data personal, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.
  • Teknik dan protokol yang digunakan pada jaringan PAN antara lain adalah Wireless Application Protocol (WAP), Wifi, Infrared, Bluetooth, dan sebagainya.
  • Jangkauannya PAN biasanya hanya beberapa meter saja.

- Contoh Penggunaan Jaringan PAN

            Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
Disamping itu Personal Area Network (PAN) merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut. Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PANs dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet (an uplink).
            Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire. A wireless personal area network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave, dan Zigbee.

- Kelebihan Jaringan PAN (Personal Area Network)

  • Mudah dalam perawatan jaringan
  • Jika ada permasalahan pada jaringan akan lebih mudah ditangani

- Kelemahan Jaringan PAN (Personal Area Network)

  • Jaringan terbatas hanya mencakup beberapa perangkat saja
  • Luas area jaringan juga sangat terbatas, hanya mampu mencakup beberapa meter saja

B. Local Area Network (LAN)


            LAN atau Local Area Networking adalah suatu jaringan komputer dimana cakupan wilayah jaringannya sangat kecil atau terbatas. Misalnya, jaringan komputer kantor, sekolah, rumah, atau di dalam satu ruangan saja. Sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps.
            Saat ini, sebagian besar LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dan dilengkapi perangkat switch dengan kecepatan tranfer data 10, 100, atau 1000 Mbits/ second. Selain itu, ada juga teknologi 802.11b (Wi-fi) yang banyak dipakai untuk membentuk LAN, dimana area yang menyediakan koneksi LAN berteknologi Wi-fi disebut dengan hotspot.

- Karakteristik LAN

            LAN memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan jaringan MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Adapun beberapa karakteristik LAN adalah sebagai berikut :

  • LAN berada dalam ruang lingkup geografi yang lebih sempit (area kantor, kampus, sekolah, dan rumah).
  • LAN memiliki kecepatan perpindahan data yang lebih tinggi.
  • LAN dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya jalur telekomunikasi. Dengan kata lain, LAN tidak membutuhkan akses internet.

- Fungsi Jaringan LAN

            Pada dasarnya fungsi utama jaringan LAN adalah untuk menghubungkan beberapa komputer di dalam jaringan sehingga proses kerja menjadi lebih mudah dan cepat. Sesuai dengan pengertian LAN yang dijelaskan sebelumyan, adapun tujuan LAN adalah sebagai berikut :

  • Untuk menghubungkan beberapa komputer dalam suatu wilayah kecil.
  • Untuk memungkinkan dilakukannya komunikasi antar komputer dan perangkat dalam jaringan.
  • Untuk memungkinkan dan mempercepat proses berbagi data dan program antar komputer di dalam jaringan.
  • Membantu menghemat biaya operasional karena perangkat dalam satu jaringan dapat dipakai secara bersama-sama (misalnya: printer, server, dan lain sebagainya).

- Komponen Dasar Jaringan LAN

            LAN terdiri dari beberapa komponen dasar yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat menghubungkan beberapa komputer. Adapun beberapa komponen dasar LAN adalah sebagai berikut :

  • Workstation, yaitu node atau host yang berupa suatu sistem komputer.
  • Server, yaitu suatu hardware (perangkat keras) yang fungsinya untuk melayani jaringan dan workstation yang terkoneksi dengan suatu jaringan.
  • Link, yaitu bagian dari jaringan LAN yang menghubungkan peralatan seperti workstation dan server secara fisik.
  • Network Interface Card (NIC), yaitu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol.
  • Network Software, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan jaringan LAN berfungsi sebagaimana mestinya.

- Kelebihan dan Kekurangan LAN

            Setiap jaringan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Adapun kelebihan dan kekurangan dalam jaringan LAN adalah sebagai berikut :

i. Kelebihan LAN

  • Berbagai sumber daya (resource), dengan LAN maka pengguna dapat saling berbagi sumber daya yang ada di setiap komputer.
  • Data terpusat, data yang ada pada setiap komputer di dalam jaringan LAN dapat disimpan di satu tempat, yaitu di server. Dengan adanya server maka setiap pengguna dapat mengakses file yang ada di masing-masing komputer.

ii. Kekurangan LAN

  • Keamanan yang rentan, hal ini terjadi karena setiap komputer dapat diakses oleh setiap penggunanya. Mungkin saja ada pengguna yang tidak dapat menjaga kerahasiaan data dan password yang dimilikinya sehingga pengguna tak sah dapat menerobos masuk.
  • Masalah pada server pusat, jika terjadi masalah pada server pusat maka akan berakibat buruk pada seluruh jaringan LAN. Misalnya, jika server pusat terinfeksi virus maka seluruh komputer di dalam jaringan akan terinfeksi.
  • Instalasi cenderung mahal, pada dasarnya biaya instalasi tergantung besarnya infrastruktur dan juga kondisi geografi, dan jenis topologi jaringannya. Namun, instalasi LAN pada umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

C. Wide Area Network (WAN)


            Wide Area Network (WAN) ialah  sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana dan  fasilitas transmisi misalnya telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Pada sebagian besar WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan juga elemen switching. Kabel transmisi berguna  untuk memindahkan bit-bit dari sutu komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini ialah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus memilih kabel pengirim guna meneruskan paket-paket data tersebut.
            WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya. WAN menginterkoneksikan beberapa LAN yang kemudian menyediakan akses ke komputer--komputer atau file server pada lokasi lain.  Beberapa teknologi WAN antara lain adalah Modem, ISDN, DSL, Frame Relay, T1, E1, T3, E3 dan SONET.

- Perangkat (Hardware) Jaringan WAN

            WAN menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider. Karena jalur komunikasi tidak bisa langsung dimasukkan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interface.
Perangkat--perangkat tersebut antara lain :

  • Router
            Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan dapat berpartisipasi dalam manajemen jaringan. Router mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol dinamis melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lain konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol manajemen dan fleksibilitas.

  • CSU/DSU
            Jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Untuk jalur digital, sebuah Channel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU) dibutuhkan. Keduanya sering digabung menjadi sebuah perangkat yang disebut CSU/DSU.

  • Modem
            Modem adalah sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data untuk transmisi melalui local loop. Modem lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital. Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal. Sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara analog yang dimodulasi untuk ditransmisikan. Pada sisi penerima sinyal analog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.

  • Communication Server
            Communication Server mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses ke LAN. Communication Server memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus.

- Ciri dan Karakteristik WAN

            Berikut adalah ciri dan karakteristik Wide Area Network atau yang disingkat dengan WAN.

  • Umumnya Wide Area Network (WAN) berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan LAN dan jaringan MAN. Sehingga jaringan Wide Area Network (WAN) dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sangat luas.
  • Radius yang dapat dijangkau oleh Wide Area Network (WAN) sangat luas. Oleh karena itu biasanya pada jaringan
  • WAN akan melibatkan Operator telekomunikasi. Tujuan dari penggunaan operator telokomunikasi ini adalah agar perangkat-perangkat yang ada dalam jaringan WAN dapat saling berkomunikasi satu sama lain.
  • Menggunkan koneksi serial dari berbagai macam jenis untuk dapat mengakses bandwith dalam lokasi dan jarak yang jauh.
  • Wide Area Network (WAN) dapat melakukan pertukaran paket data maupun frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang sudah dibangun.
  • WAN bekerja pada layer fisik dan pada layer data link dari layer OSI.

- Fungsi Wide Area Network (WAN)

  • Menghubungkan jaringan LAN dan jaringan MAN ke dalam satu jaringan.
  • Dapat membantu mempercepat proses berbagi data atau sharing file.
  • Guna mempercepat dan mempermudah arus komunikasi serta informasi.
  • Update data antar perusahaan atau kantor dapat dilakukan setiap saat dengan mudah dan murah.
  • Sarana menyampaikan informasi jadi lebih mudah, cepat dan efisein.

- Kelebihan Jaringan WAN

  • Bisa diakses dengan jangkauan area grografis yang luas.
  • Dapat berbagi (share) software dan resources dengan koneksi workstations.
  • Pesan dapat dikirim dengan sangat cepat kepada orang lain.
  • Semua orang bisa memperoleh informasi update secara real time.
  • Berbagi informasi/file (share) melalui area yang lebih besar.

- Kekurangan Jaringan WAN

  • Biaya operasional mahal.
  • Dalam hal settingan atau pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.
  • Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan bisa mengganggu jaringan ini.
  • Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

D. Metropolitan Area Network (MAN)


            Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang lebih luas daripada Local Area Network (LAN).  Area yang digunakan dalam jaringan MAN adalah dalam sebuah negara. Dalam hal ini, jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan Local Area Network (LAN) ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Beberapa Local Area Netwrok (LAN) menjadi satu jaringan dapat juga disebut Metropolitan Area Network (MAN).
            Metropolitan Area Network (MAN) terdapat di dalam satu kampus atau dalam satu wilayah yang agak luas (dapat juga satu kota). Metropolitan Area Network (MAN) biasanya tidak dimiliki oleh satu organisasi saja. Sama seperti Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) juga memiliki wireless dengan kekurangan dan kelebihan yang relatif sama. Metropolitan Area Network (MAN) juga mampu menunjang data teks dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio.
            Suatu jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar. MAN biasanya interkoneksi sejumlah jaringan area lokal (LAN) menggunakan teknologi backbone berkapasitas tinggi, seperti serat- optik link, dan menyediakan layanan up-link untuk jaringan area luas (atau WAN) dan Internet. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

- Fungsi MAN

            Fungsi utama MAN adalah menghubungkan komputer dan juga perangkat lain sehingga bisa melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan MAN bisa meliputi banyak wilayah sehingga memiliki cakupan koneksi wilayah yang lebih luas. Bisa disebut cakupan tersebut gabungan beberapa jaringan LAN.
            MAN mempunyai beberapa karakteristik yang harus pengguna kenali. Berikut karakteristiknya :

  • MAN mencangkup area yang cukup luas antara 5 hingga 50 KM. Bahkan sekarang MAN juga bisa mencangkup beberapa area perkotaan.
  • Jaringan MAN umumnya tidak dimiliki satu organisasi tertentu. MAN, termasuk peralatan penghubung hingga komunikasi linknya dimiliki salah satu konsorsium pengguna atau penyedia layanan jaringan yang diperjualbelikan kepada pengguna.
  • MAN kerap bertindak sebagai jaringan dengan kecepatan tinggi untuk sumber daya daerah. Hal tersebut kerap digunakan untuk menyediakan koneksi bersama jaringan lain dengan link ke WAN.
  • MAN mempunyai cakupan koneksi yang lebih besar dibanding LAN. Meskipun demikian, teknologi yang digunakan masih serupa dengan LAN.
  • MAN hanya memiliki satu atau dua kabel saja dan tidak mempunyai elemen switching untuk mengatur paket beberapa output. Karena memiliki elemen switching, tentu saja rancangan menjadi lebih sederhana dan mudah dilihat.

- Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN

i. Kelebihan Jaringan MAN

  • Pertukaran data dan informasi bisa lebih cepat dan akurat.
  • Pengembangan dalam bidang ilmu pengetahun untuk sebuah perguruan tinggi atau sekolah-sekolah.
  • Komunikasi antarperguruan tinggi atau sekolah atau karyawan pada sebuah kantor bisa dengan e-mail atau chatting.
  • Proses backup data dari berbagai tempat lebih mudah dan cepat.
  • Dapat membuat sarana diskusi untuk perguruan tinggi atau sekolah-sekolah.
  • Dapat dijadikan sebagai alat untuk mempersatukannya kekompakan karyawan atau mahasiswa dan siswa.
  • Dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang tepat dan cepat.
  • Dapat menggunakan program aplikasi atau permainan secara bersama-sama.
  • Cakupan wilayah jaringan lebih luas dibanding jaringan LAN atau WAN

ii. Kekurangan Jaringan MAN

  • Biaya operasional yang relatif sangat besar
  • Biaya perawatanya pun terbilang sangat mahal
  • Sering menjadi sasaran Cracker untuk mendapatkan keuntungan pribadi
  • Untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama

- Teknologi Yang Digunakan MAN

  • Asynchronous Transfer Mode (ATM )
            Merupakan standar internasional untuk cell relay di mana multiple tipe layanan (seperti : suara digital/voice, video, atau data) disampaikan dalam fixed length (53-byte) cells. Fixed-length cells memungkinkan proses sel berlangsung dalam hardware, dengan demikian akan mereduksi keterlambatan ATM dirancang untuk transmisi media berkecepatan tinggi seperti E3, SONET, dan T3. ATM berbeda dalam beberapa hal dari teknologi data link lain yang lebih umum seperti Ethernet.

  • Fiber Distributed Data Interface ( FDDI )
            Adalah protokol yang menggunakan topologi lingkaran fiber optik ganda yang disebut lingkaran primary dan lingkaran secondary. Kedua lingkaran tersebut dapat di gunakan untuk pengiriman data namun hanya lingkaran primary yang biasanya di pakai sebagai jaringan utama. Lingkaran secondary baru berfungsi jika lingkaran primary mengalami kerusakan.

  • Switched Multi-megabit Data Service ( SMDS )
            Adalah layanan connectionless yang digunakan untuk menghubungkan LAN, MAN dan WAN untuk pertukaran data. Pada awal 1990-an, di Eropa layanan ini dikenal sebagai Broadband Connectionless Broadband Data Service (CBDS).  Maksud dari connectionless adalah tidak ada kebutuhan untuk mengatur koneksi melalui jaringan sebelum mengirim data.

- Ciri Karakteristik MAN

  • Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area perkotaan.
  • Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
  • MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
  • MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
  • Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.

2. Latihan Soal


1. Sebutkan urutan warna dalam pemasangan kabel UTP model Straight ?

Jawab

Urutan warna kabel straight itu sama  di setiap kedua ujung kabel itu memiliki warna yang sama baik itu ujung a atau ujung b.

Urutan warna kabel straight :

1. Putih orange
2. Orange
3. Putih hijau 
4. Biru
5. Putih biru
6. Hijau
7. Putih coklat
8. coklat

2. Sebutkan urutan warna dalam pemasangan kabel UTP model Cross ?

Jawab :

Urutan warna kabel cross itu berbeda dengan straight cross di setiap kedua ujung kabel itu berbeda warna antara ujung 1 dengan ujung 2. Ujung pertama pada kabel cross memiliki warna yang sama dengan urutan kabel straight.

Urutan warna kabel cross :

- Ujung A pada  kabel Straight :

1. Putih orange
2. Orange
3. Putih hijau 
4. Biru
5. Putih biru
6. Hijau
7. Putih coklat
8. coklat

- Ujung B pada kabel cross

1. Putih hijau 
2. Hijau
3. Putih orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih coklat
8. Coklat

3. Ethernet Type 1000BASE-TX memiliki maksimal bandwidth sebesar ?

Jawab : 1000BASE-TX mirip dengan 1000BASE-T tetapi menggunakan dua pasang kabel, bukan empat, untuk transmisi data: satu untuk mengirim data dengan kecepatan 500 Mbps, dan satu lagi untuk menerima data dengan kecepatan yang sebanding. Ini memungkinkan pembuatan perangkat dengan sirkuit yang lebih sedikit untuk mendukung, dibandingkan dengan 1000BASE-T. Dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair (UTP) kategori 6 dan mentransmisikan data hingga panjang 100 meter.

4. Untuk menghubungkan computer dengan computer menggunakan kabel UTP model ?

Jawab : Susunan kabel Cross Over atau Straight Through






Posting Komentar

0 Komentar